About Me

Cari Blog Ini

TUGAS AIJ


Soal !
1.       Jelaskan prinsip kerja komunikasi  yang anda pahami !
2.       Menurut pemahaman anda apa yang dimaksud dengan komikasi data dan komunikasi audio!
3.       Tuliskan dan jelaskan secara singkat kompone-komponen penting yang menyusun system komunikasi data!
4.       Apa yang anda ketahui tentang modem!
5.       Jelaskan yang dimaksud dengan :
a.       Front –end processor
b.      Concentrator
c.       Multiplexer
d.      Kanal
6.       Tuliskan perbedaan karakteristik komunikasi data dan suara (analog)!





Jawab!
1.       Prinsip kerja komunikasi
a.       Proses komunikasi diawali dengan sebuah pesan atau informasi yang harus dikirimkan dari individu/perangkat satu ke perangkat lain.

b.      Pesan/informasi tersebut selanjutnya dikonfersi kedalam bentuk biner atau bit yang selanjutnya bit tersebut di encode menjadi sinyal. Proses ini terjadi pada perangkat encoder.

c.       Sinyal tersebut kemudian oleh transmitter dikirimkan/dipancarkan melalui media yang telah dipilih.

d.      Dibutuhkan media transmisi (radio, optik, coaxial, tembaga) yang baik agar gangguan selama disaluran dapat dikurangi.

e.      Selanjutnya sinyal tersebut diterima oleh stasiun penerima.Sinyal tersebut didecode kedalam format biner atau bit yang selanjutnya diubah kedalam pesan/informasi asli agar dapat dibaca/didengar oleh perangkat penerima.


2.       Komunikasi data dan Komunikasi audio 
·         Komunikasi data
Komunikasi data adalah proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching dapat terjadi antara komputer dengan komputer, komputer dengan terminal atau komputer dengan peralatan. Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data.
·         Komunikasi audio
Media komunikasi audio adalah suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Contoh : telepon, radio dan tape recorder.
Keuntungan menggunakan fasilitas komunikasi audio ialah, kita bisa berkomunikasi dengan seseorang dizona yang berbeda atau tempat yang berbeda, tanpa harus berada di zona atau tempat yang bersamaan.

3.       Komponen-komponen penting yang menyusun system komunikasi data

a.       Sumber (source)
Alat/komponen yang membangkitkan data atau informasi yang akan di transmisikan, dapat berupa alat input pada komputer. Alat ini dapat mengubah informasi audio, video atau teks menjadi satuan data untuk di proses pada sistem komputer.

b.      Pengirim (transmitter)
Alat untuk memproses data atau informasi yang berasal dari sumber (source) agar dapat di salurkan oleh sistem/media transmisi.
Bentuk fisik nya dapat berupa komputer personal yang dapat mengolah segala bentuk informasi, atau secara khusus dapat berupa pesawat telepon untuk komunikasi dengan informasi berupa suara (voice).

c.       Sistem Transmisi
Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jalur kompleks (complex network) yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan, secara fisik dapat berupa media wireline atau media wireless.
Jalur transmisi tunggal, maksudnya adalah antara perangkat pengirim dan penerima satu jenis media dalam satu segmen jaringan.Sedangkan maksud dari jalur kompleks adalah perangkat pengirim dan penerima dihubungkan oleh satu sistem

d.      Penerima (receiver)
Alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan memproses menjadi informasi yang dapat ditangkap/ diproses oleh tujuan. Fisiknya dapat berupa komputer personal untuk fungsi informasi secara umum.

e.      Tujuan (destination)
Menangkap informasi yang dihasilkan oleh penerima, informasi yang diterima oleh perangkat tujuan selanjutnya diubah menjadi jenis informasi yang sama dengan informasi yang dikirimkan, Software aplikasi digunakan untuk menjembatani informasi ini menuju pengguna jaringan komputer.



4.       Pengertian modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

5.        Perangkat keras sistem komputer

a)      Multiplexor dan Front-End Processor

Multiplexor atau multiplexer adalah komponen yang berfungsi sebagai penggabung isyarat-isyarat dari PC, terminal, dan perangkat-perangkat lain, serta menstranmisikannya melalui saluran komunikasi berkecepatan tinggi. Multiplexor berperan sebagai pengurai isyarat-isyarat untuk dikembalikan lagi dalam bentuk masing-masing pesan. Untuk membantu CPU pada host computer, khususnya untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan komunikasi data, digunakan front-end processor. Front-end processor adalah alat untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan komunikasi data pada host computer.

b)      Concentrator

Merupakan antar muka sejumlah terminal dengan saluran ke komputer pusat. Digunakan sebagai pengganti ataupun bersama-sama dengan multiplexer. Data yang diterima dikumpulkan dalam jumlah tertentu, baru kemudian disalurkan secara bersamaan ke tujuan. Sehingga Concentrator dapat membebaskan saluran komunikasi dari lalu lintas yag tidak bermanfaat, dan membebaskan komputer dari semua kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran berita tanpa salah (error free messages).

c)       Multiplexor dan Front-End Processor

Multiplexor atau multiplexer adalah komponen yang berfungsi sebagai penggabung isyarat-isyarat dari PC, terminal, dan perangkat-perangkat lain, serta menstranmisikannya melalui saluran komunikasi berkecepatan tinggi. Multiplexor berperan sebagai pengurai isyarat-isyarat untuk dikembalikan lagi dalam bentuk masing-masing pesan. Untuk membantu CPU pada host computer, khususnya untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan komunikasi data, digunakan front-end processor. Front-end processor adalah alat untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan komunikasi data pada host computer.

d)      Transcript of Transmisi; Kanal komunikasi; media; time-division, frequency

Capacity Channel Transmission” dapat diartikan sebagai kapasitas media/saluran transmisi. Jika, diartikan secara struktur katanya, maka:
1. Capacity (kapasitas) adalah kemampuan maksimum untuk menampung  data.
2. Channel (saluran/media) adalah saluran yang digunakan untuk menyalurkan data dari transmitter kepada receiver
3. Transmission adalah Proses perpindahan data dari transmitter ke receiver.





0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive