About Me

Cari Blog Ini

TUGAS TLJ



Soal !

1.       Tuliskan 3 jenis jaringan komputer yg di dasarkan pada cara kerja dan letak geografisnya kemudian jelaskan perbedaan masing-masing !
2.       Tuliskan cara untuk tersambung kelayanan internet !
3.       Berikan penjelasan secara singkat tentang perangkat keras yg dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer :
a.       File server                                                 e. Repeaters
b.      Workstation                                               f. Bridges
c.       Network interfaces cards                          g. Routers
d.      Concerntratos/Hub
4.       Tuliskan keuntungan dan kerugian penggunaan teknoli DSL !
5.       Tuliskan perbedaan speedy dan telkomnet instan !



Jawab !

Jenis Jaringan Berdasarkan Letak Geografis
Jenis Jaringan dilihat berdasarkan Letak Geografisnya :
1.   Local Area Network (LAN)  (10m – 1 km)
   – Ukuran: LAN mempunyai keterbatasan  ukuran
   – Teknologi transmisi: LAN tradisional mempunyai kecepatan mulai 1 sampai 100
      Mbps. LAN modern mempunyai kecepatan sampai ratusan Mbps
   – Topologi Jaringan : Bus/Linear, mekanisme yang digunakan untuk mengatur
      pengiriman pesan disebut  IEEE 802.3 atau Ethernet.Ring à IEEE 802.5 (token
      ring IBM)
LAN   :   jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
LAN  :  digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi.
LAN  : dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologinya.
LAN  : mempunyai ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasnnya, menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan.
LAN  : Biasanya menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.

2. Cara untuk tersambung ke layanan internet
 Metropolitan Area Network (MAN)  (10 km)
MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.  MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buiah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan  menjadi lebih sederhana.
    – Seperti LAN, cuma ukurannya lebih besar
    – Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan
    – Lingkungan dalam 1 kota
    – Wide Area Network (WAN)  (100 – 1000 km)

3. Penjelasan tentang perangkat keras yg dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer

Wide Area Network (WAN)  (100 – 1000 km)
WAN : mencakup daerah geografis yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua.
WAN : terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi.
WAN (pada umumnya) : subnet terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching.
Kabel transmisi (disebut  juga sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan  bit-bit dari satu mesin ke mesin lainnya.
Element switching adalah komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Saat data sampai ke kabel penerima, element switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut. Sayangnya tidak ada terminologi standart dalam menamakan komputer seperti  ini. Namanya sangat bervariasi disebut paket switching node, intermidiate system, data switching exchange dan sebagainya.
     – Lingkungan dalam negara atau benua
     – Host dihubungkan dengan sebuah subnet
     – Tugas subnet: pembawa pesan dari satu host ke host lainnya
     – Komponen subnet: kabel transmisi dan element switching Element Switching
        sering juga disebut sebagai:   – Packet switching node
                                                – Intermediate system
                                                – Data switching exchange
                                                – Router
2. Cara untuk menyambungkan layanan internet

 Ada beberapa cara agar kita dapat terhubung dengan internet, yakni dengan Dial-Up Access, DSL(Digital Subscriber Line), Integrated Services Digital Network (ISDN), ISP (Internet Service Provider). Berikut akan diuraikan mengenai cara-cara agar kita terhubung ke Internet.
Pertama : dengan cara Dial-Up Access, dengan menggunakan Modem (Modulator Demodulataor) yang terpasang dalam komputer anda, dihubungkan ke jalur telepon untuk koneksi ke Internet .
Kedua : dengan cara DSL (Digital Subscriber Line) adalah teknologi untuk Bringing informasi High-bandwidth untuk Homes and Small Businesses melalui jalur kabel telepon. Kecepatan sampai 6.1 Megabits (Millions of Bits) Per Second (of a Theoretical 8.448 Megabits Per Second )
Ketiga : dengan cara Integrated Services Digital Network (ISDN), merupakan standart CCITT/ITU untuk transmisi digital melalui jalur telepon. Halaman Web arriving very quickly (up to 128 Kbps). ISDN requires adapters at both ends of the transmission so your access provider also needs an ISDN adapter.
Keempat : dengan cara ISP (Internet Service Provider) layanan jasa internet. Pada umumnya tarif untuk 64 kbps antara Rp 1.500.000 s/d 2.500.000 per bulan. Kalau menggunakan Dial-up Internet Access, perhitungan berdasarkan pemakaian pulsa ditambah dengan biaya sewa pebulan.

3.  a. Komputer Server

Perangkat keras komputer pertama yang merupakan perangkat penting dalam jaringan komputer adalah sever. Ya, server merupakan salah satu perangkat yang sangat penting, karena server merupakan pusat dari jaringan komputer. Semua data penting yang nantinya akan disebarkan melalui jaringan internet semuanya berada padakompute server. Komputer server ini nantinya akan saling terhubung dengan komputer – komputer client, yang dapat mengakses data dari server tersebut.
·         Fungsi utama dari server
Fungsi utama dari server adalah sebagai database informasi yang nantinya akan dikirimkan dan juga disebarkan oleh jaringan. Semua data tersebut akan ditransmisikan melalui sistem jaringan agar nantinya dapat sampai ke komputer client. Kecanggihan fungsi CPU pada komputer server ini sangat penting dalam menunjang keandalan jaringan agar tidak terjadi komputer sering hang.
·         Spesifikasi khusus dari komputer server
Dengan tugasnya yang harus bisa menyediakan data bagi client yang terhubung ke dalam jaringannya, maka komputer server wajib mampu untuk beroperasi secara penuh, yaitu 24 jam sehari. Maka dari itu, biasanya komputer server memiliki spesifikasi yang tidak ada pada komputer biasa pada umumnya, seperti power supply yang lebih baik, harddisk yang memiliki kapasitas besar, processor yang jauh lebih cepat dan tidak mudah panas, kapasitas RAM yang besar, serta berbagai spesifikasi khusus lainnya.
·         Kebutuhan dan penanganan komputer server
Selain itu, ada baiknya komputer server diletakkan di dalam suatu ruangan dengan sistem pendingin udara yang tetap berjalan, sehingga hal ini dapat mengurangi peningkatan suhu panas pada komputer server.

b. Komputer user atau client (workstations)

Perangkat keras dalam jaringan komputer yang kedua adalah komputer client atau user, sering juga dkenal dengan istilah terminal ataupun workstation. Secara umum, komputer client ini merupakan komputer umum yang digunakan untuk memperoleh data dari server.
Ibarat rantai makanan di dalam ilmu ekologi, komputer server adalah tanaman penyedia makanan, sedangkan komputer client adalah hewan yang memakan hasil buah dari tanaman tersebut. Artinya, komputer client ini di tugaskan untuk menarik data yang ada di komputer server.

c. NIC atau Ethernet Card

NIC merupakan kependekan dari Network Interface Card, yang merupakan suatu kartu -yang juga kita kenal dengan istilah ethernet card- yang memegang peranan penting dalam jaringan kompoter. Ethernet card merupakan kartu jaringan yang ditanamnkan pada komputer, yang mana akan membuat sebuha komputer mampu terhubung ke dalam jaringan LAN.
·         Fungsi ethernet card
Dengan adanya ethernet card ini, maka setiap komputer bisa saling terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan koneksi kabel. Namun demikian, mungkin saat ini ethernet card sudah jarnag digunakan, meskipun merupakan salah satu protokol standar dalam sebuah sistem komputer. Hal ini tidak lain dan juga tidak bukan adalah karena penemuan teknologi wireless yang lebih praktis dan juga mudah untuk diaplikasikan. Untuk lebih jelasnya mengenai ethernet, anda bisa membaca manfaat LAN card dan juga fungsi LAN Card.
d. Hub
Fungsi utama dari hub adalah untuk membagi jaringan dari satu server menuju ke client komputer dalam satu jaringan, terutama jaringan LAN alias lokal. Secara teoritis, hub sendiri adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang merupaan suatu central connection point pada suatu jaringan, yang berfungsi untuk menerima sinyal dari server atau host dan kemudian mentransmisikannya ke client yang akan membentuk suatu jaringan.
Dengan adanya central connection point ini, maka hub dapat mentransmisikan data dari server menuju lebih dari satu client yang terhubung dalam satu jaringan LAN. Apabila anda hanya ingin sekedar membagi satu jaringan lokal ke dalam beberapa komputer saja, maka hub merupakan salah satu perangkat keras yang tepat.
Fungsi Hub
·         Membuat jaringan lokal dari beberapa komputer
·         Mentransmisikan jaringan, terutama LAN
·         Penguat sinyal dari suatu jaringan
·         Mempengaruhi proses konektivitas antar jaringan
Kelemahan dari hub
·         Apabila hub mengalami kerusakan, maka keseluruhan jaringan komputer akan mengalami kegagalan
·         Tidak bisa mengatur kecepatan ataupun jumlah paket data yang ditransmisikan ke komputer client

e. Repeater

Repeater merupakan perangkat keras jaringan komputer untuk memperkuat sinyal jika digunakan pada jarak yang jauh. Dengan adanya repeater ini jaringan yang tidak terjangkau oleh jarak yang cukup jauh dalam suatu lan, dapat dikembangkan dan di tarik agak jauh dan memperoleh sinyal yang cukup.Itu adalah beberapa perangkat keras yang biasa digunakan untuk kepentingan jaringan komputer. Meskipun memiliki banyak perangkat keras, namun demikian, untuk keperluan personal, seperti di dalam rumah, anda hanya mmebutuhkan dua perangkat, yaitu PC dan juga acces point saja untuk membuat jaringan WLAN di dalam rumah anda. Kedua hardware tersebut sudah cukup untuk membangun sebuah jaringan WLAN di dalam rumah anda, sehingga anda tidak perlu berkutat dengan banyak kabel dan juga banyak perangkat keras

f. Bridge

Bridge memiliki fungsi utama untuk menjembatani jaringan. Maksud dari menjembatani jaringan adalah bridge dapat menggabungkan lebih dari satu jaringan lokal ke dalam satu jaringan lokal yang lebih luas, ataupun sebaliknya, memecah satu jaringan lokal / LAN yang luas menjadi beberapa jaringan lokal yang lebih kecil. Selain itu, bridge juga dapat menjadi penghubung antar dua atau lebih jaringan lokal dengan topologi jaringan yang berbeda – beda.
Fungsi bridge akan sangat terasa apabila anda berada di dalam lingkungan instansi besar, yang terdiri dari beberapa ruangan kantor atau divisi yang letak gedungnya berjauhan. Seluruh komputer antar gedung akan dapat tetap saling terhubung denngan satu jaringan LAN induk dengan menggunakan bridge.
Fungsi dan Keunggulan Bridge
·         Memecah jaringan LAN yang besar, menjadi jaringan – jaringan kecil untuk gedung atau ruangan tertentu
·         Menghemat biaya operasional, hanya membutuhkan satu server saja untuk banyak gedung dalam jangkauan yang luas
·         Bisa digunakan untuk memecah jaringan LAN hingga ke luar pulau
·         Menjaga keamanan data dari suatu organisasi
·         Mempermudah proses monitoring pada suatu jaringan yang lebih kecil

g. Router

Perangkat keras dalam jaringan komputer berikutnya adalah router. Router sendiri secara teknis memiliki fungsi untuk melakukan penghalaan, atau menyalurkan koneksi internet melalui protokol TCP IP menuju komputer client.Secara khusus, fungsi router bisa seperti access point, dimana bisa meneruskan koneksi internet dari broadband atau provider mernuju lokasi komputer client. Namun demikian, pada dasarnya fungsi router jauh lebih banyak dari pada itu, karena router digunakan untuk memberikan rute atau jalan – jalan tertentu bagi paket data yang ditransmisikan.

 Penggunaan dan implementasi router
Contoh penggnaan router biasanya berada di perkantoran atau kampus, dimana router akan menerima sinyal paket data, dan kemudian router akan melakukan proses routing paket data tersebut ke lokasi – lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya oleh operator router.
Router sangat cocok untuk digunakan pada satu atau lebih gedung perkantoran, kampus, ataupun mall untuk mentransmisikan paket – paket data ke dalam access point. Dalam hal ini, router memang memiliki peran ganda yang tumpang tindih dengan access point dalam jaringan komputer.
4. Kuntungan dan kerugian penggunaan teknologi DSL 
a)      Kelebihan
1.       Koneksi yang simultan antara internet dengan suara/fax melalui kabel telepon
2.       Kecepatan akses yang tinggi dan selalu online
3.       Harga penggunaan murah terutama untuk perumahan
4.       Keamanan data terjaga baik

b)      kekurangan
1.       Panjang kabel tembaga dari CO ke pelanggan.
2.       Adanya load coils dan bridged taps.
3.       Hambatan ketiga adalah serat optik.

5. Perbedaan Telkom Net dan Speedy
·         Telkomnet Instan merupakan akses internet yang di tawarkan PT. TELKOM yang merupakan akses komunikasi ke Internet gateway mode statistik dengan data sirkit pada Network TelkomFlexi dengan memiliki kecepatan akses internet maksimum hingga 64Kbps, dan untuk mendapatkan akses Internet Telkomnet Instan pelanggan dapat mengakses melalui Network TelkomFlexi.
Selain itu pihak Telkom juga mengeluarkan Telkomnet Instan Hematyaitu terobosan langganan akses internet yang murah dengan menggunakan jaringan telepon rumah dan Personal Komputer (PC), dan untuk menghubungkan akses internet Telkomnet Instan dengan PC adalah dengan cara melakukan koneksi internet terhadap modem yang terpasang di Personal Komputer (PC), adapun kelemahan telkomnet instan adalah tidak bisa menerima suara dan akses internet secara bersamaan atau dengan kata lain saat kita lagi mengakses internet dan ketika ada telepon masuk serta mengangkat telepon maka secara otomatis koneksi internet akan terputus.
·         Speedy merupakan revolusi digital yang dilakukan PT. TELKOM pada pertengahan tahun 2006, Produk Speedy muncul guna menjawab kebutuhan internet yang semakin besar, dimana pengguna internet membutuhkan layanan akses Internet yang Cepat dan Stabil, selain itu speedy hadir untuk mengantisipasi supaya pelanggan Telkomnet Instan tidak melirik ke provider lain.
Speedy adalah layanan Akses Internet berbasis teknologi ADSL yang memungkinkan untuk dapat menyalurkan suara dan data internet secara simultan melalui telepon rumah dengan memiliki kecepatan maksimum mencapai 1000 Kbps dari modem sampai Sentral Telkom, dan dalam perkembangan nya Speedy mampu memberikan layanan hingga 5Mbps dengan kuota Unlimited.
ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah perangkat aktif jaringan pelanggan yang digunakan untuk mendukung implementasi layanan multimedia pada broadband dengan menggunakan satu pair kabel tembaga. sebagai contoh perangkat ADSL adalah Modem Speedy ZTE ZXHN H108N, Modem Huawei HG532e, dan lain sebagainya
Manfaat dan Kelebihan Speedy adalah High Speed Internet, Akses LAN (Teleworking, SOHO), Distance Learning, Video Conference, Broadsact TV, Home Shooping, Dan Video Demand, selain itu Speedy juga memiliki keunggulan secara umum seperti
1.       Praktis, Layanan Suara, Fax, dan Data Internet kecepatan tinggi dapat dilakukan secara bersamaan tanpa saling mengganggu (simultan).
2.       Koneksi 24 Jam, Layanan internet broadband ADSL menyediakan koneksi secara terus menerus selama 24 jam, serta mampu menyalurkan koneksi dengan kecepatan tinggi.
3.       Aman, saluran atau jalur yang digunakan setiap pengguna Speedy dibuat sendiri-sendiri, jadi tidak dibagi dengan pengguna lainnya (not share) sehingga keamanan tetap terjamin, hal ini sangat penting untuk aplikasi e-business.
4.       Kecepatan Konstan, Mengingat infrastruktur tidak terbagi dengan pengguna lainnya, maka kecepatan tidak terpengaruh oleh jumlah pelanggan serta pertambahan jumlah pengakses, dan koneksi lebih stabil karena setiap pengguna memiliki jalur tersendiri ke peralatan multiflexer disisi telkom, selain itu pelanggan dapat menikmati akses internet untuk kecepatan download mencapai 1000 Kbps.
5.       Tarif Flat Rate, Pelanggan dapat memilih paket layanan berdasarkan kuota traffic internet yang paling sesuai dengan kebutuhan dan penagihan dilakukan setiap bulan sekali, Jika traffic pelanggan melebihi kuota yang di pilih makan pelanggan akan di kenakan biaya kelebihan sesuai jumlah Traffic (dalam megabyte).









0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive